BREAKING NEWS

Sabtu, 30 Juni 2012

Begini Ikan Tapah- Ikan Monster dari Kalimantan

Ikan tapah merupakan salah satu jenis ikan air tawar terbesar yang dapat ditemui di Indonesia. Ikan tapah dapat tumbuh sampai memiliki panjang lebih dari dua meter. Cukup besar bukan untuk menyerang manusia?

Maka tak heran bila ikan tapah muncul di setiap artikel yang dimuat di majalah cetak maupun internet yang membahas ikan ikan terbesar di Indonesia. atau bila anda mengetik keyword ikan terbesar di kalimantan atau ikan monster penghuni sungai di kalimantan, ikan tapah berada di deretan atas pencarian.

merupakan salah satu jenis ikan air tawar terbesar yang dapat ditemui di Indonesia Begini Ikan Tapah- Ikan Monster dari Kalimantan
ikan tapah

Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Animalia
Filum     :    Chordata
Kelas     :    Actinopterygii
Ordo      :    Siluriformes
Famili     :   Siluridae
Genus    : Wallago

Bleeker, 1851




Ikan tapah juga disebut dengan nama ikan Wallago, merujuk nama sebuah kota di Malaysia yakni “Wallago”, daerah di mana ikan tapah banyak ditemukan. Ikan tapah memiliki nama ilmiah Wallago micropogon.

Hal ini dikarenakan ikan tapah berukuran besar memang banyak di temui di sungai sungai di pedalaman hutan kalimantan. Sebenarnya ikan tapah tidak hanya ditemui di sungai sungai di pulau Kalimantan, namun juga di pulau Sumatera dan pulau Papua.

Ikan tapah juga banyak dapat kita temui di negara negara tetangga, menyerupai Malaysia, India, Vietnam, Pakistan dan beberapa negara lainya.

Ikan tapah masih kerabat bersahabat ikan lele, yakni salah satu jenis ikan berkumis. Ikan tapah memiliki warna hitam dengan variasi warna coklat.

Berbeda dengan jenis ikan berkumis lainya yang tidak memiliki gigi, lisan ikan sabar yang besar dan lebar dilengkapi dengan deretan gigi yang tajam. maka wajar bila ikan tapah berukuran besar dinobatkan sebagai ikan pemangsa air tawar terganas.

Ikan tapah bisa tumbuh sampai memiliki panjang lebih dari dua meter. Ikan tapah dengan ukuran tersebut tentunya cukup berbahya bila menyerang manusia. konon katanya ikan tapah tidak segan segan menyerang manusia.

Banyak masyarakat yang percaya bahwa ikan tapah memang tidak takut menyerang manusia. bukan hanya alasannya yaitu ukuran tapah yang dapat tumbuh cukup besar untuk menyerang manusia, namun ikan tapah memang tidak segan segan menyerang apa saja yang ia anggap mengancam atau bila dirinya merasa terancam..
Baca Juga


Ikan tapah menyukai habitat sungai sungai besar dengan air yang mengalir dan di sungai dengan dasar berupa lumpur. Ikan tapah memanfaatkan lumpur tersebut untuk menyembunyikan dirinya. Tak jarang ikan tapah juga bersembunyi di lubang lubang yang terdapat di dasar sungai.

Namun kini ikan tapah cukup sulit ditemukan dengan kata lain sudah mulai langka di alam liar. Maka dari itu mari kita jaga kelestarian ikan yang termasuk ikan air tawar terbesar di Indonesia. alasannya yaitu ikan tapah juga merupakan ikan air tawar predator asli Nusantara.


Posting Komentar

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan