BREAKING NEWS

Minggu, 01 Juli 2012

Begini Ikan Mancing Ikan! - AnglerFish

Pernah mendengar ada ikan mancing ikan? memang ada ikan yang memancing ikan? Ada lho ikan yang mencari makan dengan cara memancing ikan lain, yakni ikan Sungut Ganda.

Karena keahlianya menangkap mangsa dengan cara memancing, ikan sungut ganda juga dikenal dengan nama angler fish (ikan pemancing).  Selain angler fish, ikan sungut ganda juga dikenal dengan banyak beberapa nama, diantaranya ikan Lophiiformes , Monkfish, dan Goosefish.

Sedangkan nama ilmiah ikan sungut ganda yakni Melanocetus johnsonii.

Ikan Sungut Ganda dapat ditemukan di laut dalam, seringkali mendiami palung laut yang dalam dan gelap. Kita dapat menemukan ikan ini di Samudra Arktik, Samudra Hindia, Samudra Atlantik, Samudra Pasifik, dan Laut Mediterania. Ikan pemancing ini juga dapat ditemukan di perairan Indonesia lho.

Ikan Sungut Ganda merupakan ikan karnivora atau ikan pemangsa. Maka tak heran jikalau ikan sungut ganda di lengkapi gigi gigi yang tajam. Gigi gigi tersebut memudahkan ikan sungut ganda dalam menghabisi ikan yang menjadi mangsanya.

 Ada lho ikan yang mencari makan dengan cara memancing ikan lain Begini Ikan Mancing Ikan! - AnglerFish
ikan sungut ganda , sumber gambar :wikipedia

Klasifikasi ilmiah
Kingdom : Animalia
Filum      :  Chordata
Kelas      : Actinopterygii
Ordo       : Lophiiformes

Subordo
Antennarioidei
Lophioidei
Ogcocephalioidei





Lalu bagaimana cara ikan sungut ganda memancing? ikan sungut ganda tidak memancing menggunakan mata kail serta senar pancing lho. Lalu bagaimana cara ikan sungut ganda memancing ikan?

Jadi gini, ikan sungut ganda dilengkapi dengan sebuah organ badan yang disebut bioluminescent. Bioluminescent merupakan sebuah organ yang dapat menghasilkan cahaya. Pada ikan sungut ganda organ bioluminescent terletak di dahinya, dan cahaya yang dihasilkan sempurna berada di atas ekspresi ikan.

Organ bioluminecent tersebutlah yang digunakan oleh ikan sungut ganda untuk memancing mangsanya semoga mendekat.

Ikan ikan kecil yang berada di gelapan laut dalam biasanya akan tertarik dan terpancing untuk mendekat ke arah cahaya tersebut. Apalagi organ yang berbentuk menyerupai antena tersebut juga bergerak gerak akan  semakin membuat ikan lain yang melihatnya penasaran.

Ikan sungut ganda juga memiliki warna badan yang gelap. Hal ini membuat ikan sungut ganda mudah untuk bersembunyi dan tidak terlihat di kegelapan laut dalam. Kaprikornus ikan yang mendekati ikan anglerfish tidak mengetahui keberadaanya sehingga terlena ketika mendekati sumber cahaya tersebut
 baca Juga


 Ketika ikan tersebut berada di bersahabat organ bioluminescent tersebut dengan kata lain berada di atas ekspresi ikan angler fish, ikan tersebut akan eksklusif diterkam.

Mulut ikan pemancing menghadap ke atas, tentunya hal ini akan membuat ikan anglerfish dengan mudahnya menangkap ikan buruanya.

Terkadang ikan sungut ganda juga naik ke permukaan air. Ikan sungut ganda berukuran besar tidak hanya memakan ikan laut saja. Namun juga memangsa burung yang masuk ke dalam laut di permukaan air.


.

Posting Komentar

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan