BREAKING NEWS

Senin, 18 Juni 2012

Begini Umpan Ikan Bawal di Kolam maupun di Alam Liar

Halo apa kabar?

Sudahkah anda mancing?

Kali ini kailbayu akan membahas beberapa macam umpan bawal yang dapat anda gunakan untuk mancing ikan bawal baik di kolam atau empang ataupun di alam liar menyerupai di sungai atau di danau.

Bawal memang ikan yang susah dimengerti, ketika susah susah meracik umpan jitu atau umpan andalan, eh taunya yang dapat banyak yang menggunakan umpan alami. Ya begitulah..

Oleh sebab itu, kailbayu menyarankan ketika memancing bawal, bawalah beberapa macam umpan. baik ketika anda mancing di kolam maupun di alam liar.

Langsung saja berikut ini beberapa umpan bawal alami yang dikenal ampuh untuk menaklukan ikan bawal.

Talok

Buah talok sudah semenjak lama diakui sebagai umpan ikan bawal yang jitu. Buah talok yang sudah matang akan mengeluarkan aroma yang disukai dan menarik perhatian ikan bawal.

Jadi jikalau anda memancing bawal memakai buah talok tidak perlu membeli essen lagi. Selain itu sebab mengeluarkan aroma yang khas, buah talok cocok untuk mancing ikan bawal di air yang keruh, baik siang hari maupun malam hari.

Ada trik khusus semoga buah talok mengeluarkan aroma yang semerbak, yakni dengan cara memencet buah talok hingga sedikit pecah. Jangan hingga gepeng atau hancur lho ya.

Selain itu jangan lupa pilih buah talok yang sudah matang, yakni buah talok yang warnanya sudah benar benar merah.

O iya, buah talok merupakan buah yang menyerupai dengan cerry. Buahnya merah dan kecil kecil ketika sudah matang dan memiliki warna hijau ketika masih muda.

Kluwak
 
Kali ini kailbayu akan membahas beberapa macam umpan bawal yang dapat anda gunakan untuk m Begini Umpan Ikan Bawal di Kolam maupun di Alam Liar
buah kluwak, sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Pangium_edule_seeds.JPG
Kluwak merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang biasa digunakan untuk memasak.

Selain untuk memasak ternyata kluwak dapat dimanfaatkan sebagai umpan mancing bawal lho. Lalu bagaimana caranya?

Caranya menggunakan kluwak cukup sederhana, yakni cukup pecahkan kluwak dan ambil isinya secukupnya. Lalu tumbuk isi kluwak tersebut hingga keluar minyaknya.

Mungkin di tempat anda kluwak di kenal dengan nama yang berbeda. Kluwak dikenal dengan nama yang berbeda di beberapa daerah, diantaranya kluwek, kluwak, keluak, kepayang dan keluawak.

Kacang Tanah

Satu lagi, umpan ikan bawal yang sederhana, mudah di dapat namun killer, ialah kacang tanah.

Umpan kacang tanah juga sering disebut sebagai umpan kacang presto, mengingat sebelum digunakan untuk umpan mancing ikan bawal, kacang tanah terlebih dahulu harus di masak menggunakan panci presto.

Lho kok harus di presto?

Kacang tanah harus di presto supya teksturnya menjadi lunak sehingga mudah ditancapkan pada kail pancing.

Larva Tawon

Larva tawon? Iya larva tawon dapat digunakan untuk umpan mancing bawal. Jika di spot anda memancing baik di kolam atau empang maupun di alam liar terdapat beberapa jenis ikan selain ikan bawal, larva tawon dapat menjadi umpan yang ampuh.

Larva tawon tidak hanya disukai ikan bawal melainkan juga ikan gabus dan ikan lele.

Lalu mengapa jarang ada yang menggunakan larva tawon untuk memancing?

Selain dikala ini cukup sulit untuk mencari sarang ataupun larva tawon, mencari larva tawon cukup beresiko.


Alih alih mencari umpan mancing malah dikejar kejar dan disengat oleh puluhan bahkan ratuasan tawon jikalau kurang hati hati.

Posting Komentar

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan