BREAKING NEWS

Senin, 30 Juli 2012

Begini Buah yang Ampuh untuk Umpan Mancing Ikan Bawal

Tahukah anda bahwa buah buahan dapat digunakan untuk umpan mancing ikan bawal? Ya kalau anda sudah mencoba aneka macam macam hewan maupun serangga untuk umpan mancing ikan bawal. Atau anda sudah mencoba racikan jitu, racikan ampuh, resep belakang layar atau umpan umpan ikan bawal sejenisnya tapi tetap saja ikan tidak mau makan sebetulnya itu yaitu hal yang biasa.

Tahukah anda bahwa buah buahan dapat digunakan untuk umpan mancing ikan bawal Begini Buah yang Ampuh untuk Umpan Mancing Ikan Bawal
buah buahan


Selera makan ikan bawal sangat mudah berubah, hal tersebut di pengaruhi oleh aneka macam hal menyerupai cuaca, warna air, waktu memancing, keramaian, teknik yang digunakan dan lain lain. Terkadang anda meracik umpan dengan biaya mahal, eh ternyata ikan bawal makan menggunakan umpan alami, misalnya buah buahan.

Saya tertarik menulis umpan bawal dari buah buahan alasannya yaitu beberapa hari yang lalu salah seorang sobat saya gres saja mancing ke kolam pemancingan bawal harian. Pada ketika itu banyak yang mancing ikan bawal, tetapi hanya dua orang yang berhasil menerima ikan. umpan yang digunakan para pemancing berbeda beda,  dan dua orang yang menggunakan berhasil menerima ikan tersebut hanya menggunkan kulit buah. Yakni buah melinjo.

Terus buah apa saja yang dapat digunakan sebagai umpan ikan bawal? Langsung saja, berikut ini merupakan buah buahan yang dapat digunakan sebagai umpan bawal.

Buah Melinjo

Seperti yang sudah saya tulis di atas tadi, buah melinjo sangat jitu digunakan untuk umpan ikan bawal. Buah melinjo merupakan buah yang menjadi materi baku utama dalam pembuatan emping melinjo. Yang digunakan sebagai umpan bawal bukanlah daging muah melinjo, akan tetapi kulit luar buah melinjo (bukan kulit cangkang). Pilihlah buah melinjo yang sudah masak yaitu kulit buah melinjo yang berwarna merah.

Buah Talok

Sudah cukup lama buah talok di kenal sebagai umpan ikan bawal yang cukup ampuh. Buah talok juga tidak dibutuhkan campuran lagi sebagai umpan bawal. Selain itu ikan bawal babon sangat menyukai talok. Buah talok merupakan buah yang menyerupai dengan buah cerry, di Jogja di kenal dengan nama talok, mungkin di daerah anda di kenal dengan nama yang berbeda.

Cara menggunakan buah talok sebagai umpan mancing bawal pun cukup sederhana. Pertaa pilih buah talok yang sudah benar benar masak. Buah talok yang masak di pohon jauh lebih jitu kalau di banding buah talok yang masak alasannya yaitu disimpan. Sebelum di kaitkan pada kail, terlebih dahulu buah talok di pencet sehingga isinya keluar sedikit. Bau harum dari buah talok akan memanggil ikan bawal yang berkeliaran.

Buah Pisang

Buah pisang juga dikenal sebagai buah dengan aroma yang disukai ikan bawal. Untuk jenis pisang yang digunakan sebagai umpan bawal bebas. yang terpenting pisang sudah benar benar masak. Tekstur pisang yang empuk dengan basi harum sangat di sukai ikan bawal. Anda dapat mencobanya untuk mancing bawal kolam harian, kiloan maupun lomba.

Buah Kelapa

Buah kelapa sering di gunakan untuk mancing ikan bawal di kolam. Kelapa yang digunakan untuk mancing ikan bawal sebaiknya kelapa muda. Alasan pemilihan kelapa muda alasannya yaitu kelapa yang masih mudah memiliki tekstur yang empuk serta basi yang harum.

Buah kelapa dapat digunakan begitu saja, yaitu dengan memasang sepotong daging kelapa muda pada kail. Agar kelapa lebih harum, anda dapat membakarnya terlebih dahulu.

Baca Juga



Buah Jambu

Jambu dengan biji berwarna merah bukan hanya dikenal sebagai buah yang baik untuk yang terkena penyakit demam berdarah, akan tetapi juga di kenal oleh para pemancing sebagai umpan bawal yang ampuh. Anda cukup menggunakan isi buah jambu yang sudah masak, sedangkan adegan daging buah jambu mampu anda konsumsi sendiri. Hehehe...

Buah Pepaya

Buah pepaya juga bukan hanya baik untuk pencernaan manusia, tapi juga merupakan umpan yang ampuh untuk menarik hati ikan bawal yang mogok makan. Cara menggunakan buah pepaya cukup sederhana, anda tinggal mengaitkan sepotong buah kelapa pada mata kail.

Buah Markisa


Saya memasukan buah markisa ke baris yang terakhir alasannya yaitu untuk menggunakan buah markisa dibutuhkan campuran lagi. Karena yang digunakan untuk umpan bawal yaitu adegan isinya. Anda dapat menggunakan umpan sulur atau pelet sebagai campuran isi buah markisa.

5 komentar :

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan