BREAKING NEWS

Rabu, 13 Juni 2012

Begini Apasih fungsi Kili-Kili?



Kili kili atau yang juga dikenal dengan nama swivel atau anting  merupakan salah satu alat memancing yang cukup penting, namun banyak juga yang tidak tahu fungsi dari kili kili.

Lalu apasih fungsi kili kili?

Kili kili atau swivel memiliki fungsi untuk mencegah senar atau benang melintir dan kusut baik alasannya perlawanan ikan, action lure yang memutar, ombak atau faktor lainya. Intinya, fungsi kili kili yaitu untuk mencegah senar keriting atau melintir.

Senar yang sudah keriting atau melintir, selain tidak nyaman dikala digunakan untuk memancing, kekuatan senarnya pun akan berkurang cukup drastis. Maka dari itu kili kili memiliki fungsi yang sangat penting.

Lalu kapan kita harus menggunakan kili kili?

Kili kili biasanya dipasang pada sambungan antara leader dengan main line atau senar utama. Kili kili atau swivel dipasang pada rangkaian ini dapat meminimalisir melintirnya senar, baik main line atau leader dikala bertarung dengan ikan.
 
Kili kili atau yang juga dikenal dengan nama  Begini Apasih fungsi Kili-Kili?
kili kili atau swivel . sumber : wikipedia.org
Jika anda casting menggunakan umpan tiruan atau lure, biasanya kili kili dipadukan dengan snap dan sipasang pada lure dan leader.

baca juga


Selain mencegarh melintirnya senar alasannya perlawanan ikan yang berputar putar, pada rangkaian ini, kili kili juga berfungsi mencegah senar kusut alasannya action dari lure, terutama lure jenis spoon dan spinner.

Jika anda membuat suatu rangkaian memancing, sangat disarankan untuk menggunakan swivel. Dengan menggunakan swivel, senar tidak akan mudah keriting, dengan kata lain senar lebih infinit dan kekuatanya dapat maksimal.

Apalagi kalau anda memancing di pantai, ombak yang terus bergulung, senar akan sangat mudah melintir.

Salah satu pola menggunakan swivel dalam rangkaian dapat anda lihat di

Oiya, sesungguhnya ada beberapa macam jenis swivel atau kili kili. Namun fungsi dari aneka macam macam swivel pada intinya sama, yaitu mencegah senar utama ikut berputar atau melintir ketikan ikan, lure atau umpan berputar putar.





Posting Komentar

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan