BREAKING NEWS

Kamis, 26 Juli 2012

Begini Umpan Mancing Lele di Musim Hujan



Tahukah anda bahwa demam isu penghujan merupakan waktu yang sempurna untuk mancing lele? Ikan lele menjadi lebi bernafsu ketika demam isu penghujan. Terutama ikan lele di alam liar, demam isu hujan yang juga mensugesti warna air sungai sangat mensugesti huruf dan nafsu makan ikan lele. Selain itu iar hujan juga mensugesti suhu air, baik di kolam pemancingan maupun alam liar menyerupai sungai dan danau.

Tahukah anda bahwa demam isu penghujan merupakan waktu yang sempurna untuk mancing lele Begini Umpan Mancing Lele di Musim Hujan
hujan

Waktu mancing yang sempurna ketika demam isu penghujan ialah ketika mendung. Ikan lele yang lebih aktif di malam hari juga akan sangat aktif mencari makan di siang hari ketika cuaca mendung. Di tambah air sungai yang keruh tentunya ikan lele akan semakin galak.

Apalagi jikalau hujan gres saja reda, bukan hanya ikan lele liar yang akan mencari makan secara membabi buta, ikan lele di kolam pun akan sangat agresif. Akan tetapi umpan yang anda gunakan tentunya juga sangat kuat terhadap hasil pancingan anda. Suhu dan warna air sungai tentunya mensugesti cara pemilihan umpan ikan lele.

Langsung saja berikut ini beberapa pilihan umpan ikan lele yang ampuh digunakan ketika demam isu penghujan.

Cacing

Cacing merupakan andalan umpan ikan lele ketika demam isu penghujan. Mengapa? Karena cacing merupakan makan ikan lele di alam liar, dan baunnya yang khas dapat menembus air yang keruh dan anyir tanah. Tentunya tidak semua jenis cacing ampuh digunakan, cacing berukuran besar dan mengeluarkan anyir menyengatlah yang disukai ikan lele. Salah satu jenis cacing yang jitu untuk umpan ikan lele ialah cacing unthel.

Cacing unthel mengeluarkan cairan putih berbau menyengat ketika tubuhnya terluka. Makara ketika cacing di unthel di pasang pada mata kail akan mengeluarkan anyir yang khas tersebut. Cacing tersebut akan lebih killer lagi jikalau beberapa jam sebelumnya di campur dengan telur bebek. Telur angsa yang bau di tambah dengan cacing akan mengeluarkan anyir yang sangat disukai oleh lele.

Cicak

Cicak juga dikenal sebagai umpan mancing ikan lele induk berukuran besar. bukan hanya di alam liar, cicak juga menjadi umpan andalan mancing ikan lele di kolam. Agar cicak mengeluarkan aroma yang menarik perhatian ikan lele tentunya cicak harus diolah terlebih dahulu, yaitu dengan cara di bkar sebelum di pasang di kail. Aroma cicak bakar yang menyengat akan memanggil ikan lele yang sdang berkeliaran mencari makan.

 Jangkrik

Jangkrik merupakan umpan alami andalan para pemancing lele. Akan tetapi jangkrik kurang mantab jikalau hanya pasangkan ke matakail begitu saja. Ada sedikit trik khusus dalam menggunakan jangkrik untuk mancing ikan lele di demam isu hujan. Yakni dengan merendam jangkrik kedalam cuka.

Rendam jangkrik beberapa menit sebelum digunakan, jangan terlalu lama. Setelah itu pasangkan beberapa jangkrik dalam satu mata kail. Salah satu jangkrik di pencet sehingga isi dan anyir perut jangkrik keluar.

Usus Ayam

Pernah mencoba mancing ikan lele pakai usus ayam? Kalau belum silahkan anda coba dan buktikan sendiri keampuhanya. Akan lebih rupawan lagi jikalau anda menggunakan usus ayam yang belum dicuci. Yakni usus ayam yang hanya sekedar di bersihkan kotoranya dan belum dicuci dengan air.

Tentunya anda belum tentu dapat menerima usus ayam menyerupai itu di pasar. Anda dapat membelinya eksklusif di kawasan pemotongan ayam atau menyembelih ayam sendiri dirumah. Hehe

Belut

Be lut umumnya hanya efektif untuk ikan lele babon/Induk berukuran besar. Makara jikalau anda hanya mengincar ikan lele berukuran besar dan tak ingin diganggu ikan lele berukuran kecil, cobalah untuk menggunakan umpan belut.


Caranya cukup mudah. Iris daging belut, daginya saja secara memanjang. Lalu di bakar setengah matang sebelum digunakan memancing, baik di kolam maupun disungai.

5 komentar :

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan