BREAKING NEWS

Selasa, 03 Juli 2012

Begini Jenis Sayuran untuk Umpan Mancing

Tahukah anda beberapa jenis sayuran dapat digunakan sebagai umpan mancing? atau mungkin anda pernah menggunakan sayuran untuk mancing?
 
Tahukah anda beberapa jenis sayuran dapat digunakan sebagai umpan mancing Begini Jenis Sayuran untuk Umpan Mancing
kangkung, sumber gambar wikipedia.org
Kali ini aku akan membahas perihal banyak sekali macam sayuran yang dapat digunakan untuk umpan mancing. di beberapa daerah, sayuran sudah dimanfaatkan akan dipercaya sebagai umpan mancing yang ampuh dan jitu.

Umumnya target mancing menggunakan sayuran ialah ikan ikan herbivora atau pemakan tumbuhan, ikan braskap atau ikan grasskap misalnya.

 Namun sayuran juga dapat digunakan untuk mancing ikan pemakan segala atau ikan omnivora ibarat ikan nila, ikan bawal, ikan tawes dan lain lain.

Lalu sayuran apa sajakah yang dapat digunakan untuk umpan mancing? pribadi saja mari kita bahas satu persatu.

Kangkung

Kangkung merupakan sayuran yang paling sering digunakan untuk umpan mancing. mengingat kangkung banyak tumbuh liar di waduk, rawa, sawah dan perairan lainya di Indonesia. kangkung juga merupakan makanan alami beberapa jenis ikan di alam, ikan nila misalnya.

Jadi dikala anda hendak mancing nila dan di spot banyak ditumbuhi kangkung, mampu jadi kangkung dapat digunakan sebagai umpan yang ampuh. Karena kangkung dikenal banyak pemancing sebagai umpan yang sangat jitu.

Gunakan dan kangkung yang masih muda atau pupusnya saja. Dan lempar umpan di bersahabat tumbuhan kangkung yang menjalar diatas air. Atur umpan biar berada didekat permukaan air.

Sawi

Sama halnya dengan kangkung, sawi juga dikenal sebagai salah satu sayuran untuk umpan mancing ikan nila. Walau hanya sedikit pemancing yang mengetahuinya, sawi juga cukup ampuh untuk menarik hati ikan nila kalau sedang tidak ada lumut.

Pilihlah daun sawi yang masih muda, dan gunakan sawi secara utuh. Kemudian pasang mata kail di sekeliling sawi tersebut.

Biasanya para pemancing menggunakan rangkaian ombyok atau rampok, yakni rangkaian dengan lebih dari enam mata kail dalam satu rangkaian. Sawi juga dapat digunakan untuk mancing tawers lho.

Sledri

Sledri? Mungkin anda tidak menyangka kalau sledri dapat digunakan sebagai umpan mancing. aku sendiri juga belum lama mengetahui kalau ternyata daun sledri dapat digunakan untuk umpan mancing bader.

Cara menggunakan sledri sebagai umpan pun cukup mudah, yakni cukup menggunakan daunya saja yang masih muda. Daun tersebut kemudian ditancapkan atau dipasang pada mata kail.

Daun Lompong

Daun lompong atau daun kuping gajah dapat digunakan sebagai umpan mancing ikan gurame lho. Mungkin anda kaget, bukan sebab daun lompong dijadikan umpan, namun sebab daun lompong juga dapat disayur.

Daun lompong jenis tertentu dapat olah menjadi sayuran yang lezat lho. Penasaran?
baca juga


Kluwak

Kluwak atau kluwek sudah semenjak lama dikenal sebagai umpan mancing ikan bawal yang ampuh. Memang kluwak bukan termasuk dalam sayuran hijau, hehe. Namun kluwak merupakan salah satu jenis rempah rempah yang digunakan sebagai bumbu dalam menyayur.

Dari kelima sayuran diatas, umpan mana yang sudah anda coba?


Kalau belum, silahkan coba :D. Jika ada jenis sayuran lain yang dapat dijadikan umpan mancing, silahkan tambahkan pada kolom komentar :D

Posting Komentar

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan