BREAKING NEWS

Selasa, 03 Juli 2012

Begini 7 Waduk Terbesar di Indonesia

Waduk merupakan danau buatan, bak penyimpan atau pembendungan sungai yang memiliki dungsi untuk menyimpan air. Di Indonesia memiliki banyak waduk yang besar dan memiliki fungsi yang amat penting.

Berikut ini merupakan 7 waduk yang terbesar di Indonesia.


Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur merupakan waduk terbesar di Indonesia yang terletak di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Waduk Jatiluhur gotong royong  bernama waduk Ir. H. Juanda. Waduk yang dibangun tahun 1957 ini memiliki luas kurang lebih 8.300 ha.

Selain dimanfaatkan sebagai daerah wisata, waduk jatiluhur juga dimanfaatkan sebagai sebagai sumber air minum, sumber air untuk mengairi sawah, daerah budidaya ikan, daerah memancing dan juga dimanfaatkan untuk pembangkit listrik.

Waduk Ir. Sutarmi

Waduk Ir. Sutarmi merupakan waduk terbesar di Indonesia yang kedua setelah waduk Jatiluhur. Waduk Ir. Sutarmi terletak di Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Waduk Ir. Sutami, disebut juga dengan nama Bendungan Sutami, Waduk Karangkates, atau Bendungan Karangkates

Waduk yang selesai dibangun pada tahun 1977 ini memiliki luas kurang lebih 34.000 ha. Sama halnya dengan waduk jatiluhur, waduk Ir. Suttarmi juga dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik.

Waduk Sigura- gura

Waduk Sigura-Gura atau lebih dikenal dengan nama Bendungan Sigura-Gura merupakan waduk terbesar di Indonesia setelah waduk Ir. Sutarmi. Waduk ini terletak tidak jauh hilir Air Terjun Sigura-Gura, kurang lebih satu kilometer.

Bendungan sigura-gura dimanfaatkan sebagai sumber air PLTA Sigura-gura yang memasok listrik untuk pabrik alumunium (INALUM). Wadu Si gura- gura memiliki volume air kurang lebih 6,14 juta m3 dan selesai di bangun pada tamat tahun 1981.

Waduk Batutegi

Waduk Batutegi merupakan waduk terbesar di Indonesia yang keempat. Waduk Batutegi di bangun di Lampung dengan dana APBN dan sumbangan dari Japan Bank for International Corporation. Selain dimanfaatkan sebagai PLTA, waduk Batutegi juga dimanfaatkan sebagai sumber air minum.
 
 bak penyimpan atau pembendungan sungai yang memiliki dungsi untuk menyimpan air Begini 7 Waduk Terbesar di Indonesia
waduk Gajah Mungkur
Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah yang terletak 6 km di selatan Kota kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah ini merupakan waduk terbesar di Indonesia setelah Waduk Batutegi. Waduk Gajah mungkur selesai dibangun pada tahun1978 dengan membendung sungai terpanjang di pulau Jawa, ialah sungai Bengawan Solo.

Dengan luas kurang lebih 8800 ha, waduk gajah mungkur dimanfaatkan untuk PLTA dan mengairi sawah seluas 23600 ha. Untuk membangun waduk Gajahmungkurpemerintah melaksanakan bedol desa ke Sitiung, wilayah Provinsi Sumatera Barat.
 baca Juga


Waduk Wonorejo

Bendungan Wonorejo merupakan sebuah bendungan yang terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Dengan kapasitas air sekitar 122 juta meter kubik, Bendungan Wonorejo menjadi salah satu bendungan yang terbesar di Indonesia. Bendungan Wonorejo yang diresmikan pada tahun 2001 dimanfaatkan sebagai salah satu sentra tenaga listrik dan sumber air minum di Provinsi Jawa Timur.

Bendungan wonorejo juga memiliki fungsi sebagai sarana untuk pencegah banjir di Tulungagung yang dulu sering melanda kota tersebut

Waduk Riam Kanan

Waduk Riam Kanan merupakan waduk terbesar di Indonesia yang ke tujuh yang terletak Provinsi Kalimantan Selatan. Waduk ini dibangun pada tahun 1973 dengan membendung 8 sungai yang behilir di pegunungan Meratus.

Waduk Riam Kanan dimanfaatkan sebagai PLTA  yang memasuk listrik untuk provinsi Kalimantan Selatan ini.


Referensi : id.wikipedia.org


Posting Komentar

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan