BREAKING NEWS

Senin, 02 Juli 2012

Begini Ikan Invasif Ancam Spesies Lokal di Indonesia

Apa sih gotong royong ikan invasif itu?

Mari kita baas terlebih dahulu mengenai ivasif spesies. Invasif spesies yakni sekelompok tumbuhan atau sekelompok hewan yang gotong royong bukanlah organisme asli dari suatu kawasan tertentu atau masuk ke lokasi gres dan memiliki kecenderungan untuk berkembang biak dan menyebar dengan cepat.
 
Mari kita baas terlebih dahulu mengenai ivasif spesies Begini Ikan Invasif Ancam Spesies Lokal di Indonesia
ikan aligator, sumber : wikipedia.org
Jadi ikan invasif merupakan ikan ikan yang bukan merupakan ikan spesies lokal, namun datang dan berkembang biak dengan cepat atau bahkan memangsa spesies lokal.

Salah satu ciri ikan invasif yaitu memiliki kemampuan adatasi terhadap lingkungan dan bertahan hidup yang sangat tinggi. Ikan invasif dapat tumbuh dengan cepat. Makara dapat menyebar dan menguasi habitat dengan sangat cepat.

Apalagi jikalau ikan tersebut merupakan ikan ppredator, ikan lokal tidak hanya kalah alasannya yaitu merebutkan makanan yang tersedia, namun juga alasannya yaitu dimakan oleh ikan invasif tersebut.

Hal ini tentunya sangat merugikan, selain alasannya yaitu akan mengancam ikan spesies lokal. Ikan ikan invasif yang nilai ekonominya rendah tentunya akan berdampak pada masyarakat sekitar yang mata pencaharianya yaitu nelayan.

Sebenarnya berbagai jenis ikan invasif yang masuk di perariran Indonesia, namun dalam artikel ini akan dibahas tiga jenis ikan invasif yang sudah sangat meresahkan. Jenis ikan apa sajakah itu? Mari kita simak artikel berikut ini.

Red Devil di Waduk Sermo

Ikan red devil sangat cepat berkembang biak dan sangat berbahaya jikalau hingga masuk ke perairan Indonesia, alasannya yaitu dapat mengancam spesies lokal. Hal ini sudah terbukti di waduk Sermo di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ikan red devil termasuk ikan predator, di sana ikan red devil memangsa species lokal menyerupai ikan boso, ikan tawes, ikan kotes, ikan wader dan lain lain.

Memang ikan red devil di waduk Sermo hanya berukuran kecil, namun ikan ikan tersebut dapat dengan mudah memakan larva larva ikan spesies lokal.

 Ikan Louhan di Danau Matano dan Malili

Ikan louhan bukanlah ikan asli Indonesia. ikan louhan merupakan ikan pemakan segala dan ikan yang sangat rakus. Selain itu ikan louhan juga dikenal sebagai ikan yang mempunyai kemampuan reproduksi yang sangat cepat.


Ikan louhan  sudah menyebar di danau Matano dan Maili di Sulawesi. Ikan lokal bukan hanya kalah bersaing dalam mencari makan. Namun ikan lokal juga terancam alasannya yaitu ikan invasif ini memangsa larva, telur dan ikan ikan kecil spesies.

Dikhawatirkan jikalau tidak segera di tangani ikan lokal akan punah.
 baca juga

Ikan Aligator

Tentu anda sudah tahu perihal ikan aligator. Ikan aligator merupakan salah satu jenis ikan predator yang dapat tumbuh besar dengan cepat. Ikan aligator memiliki moncong menyerupai buaya yang dilengkapi gigi-gigi yang tajam.

Ikan aligator berhasil masuk ke waduk jatiluhur. Tentuntanya masuknya ikan invasif ini sangat mengkhawatirkan. Ikan aligator dapat dengan mudah memangsa ikan ikan lokal dan ikan ikan bernilai ekonomi tinggi di sana.

Selain itu ikan aligator berukuran besar juga tidak segan segan menyerang insan jikalau merasa terancam.

Sumber :
http://kitacerdas.com/apa-itu-spesies-invasif/


Posting Komentar

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan