BREAKING NEWS

Minggu, 01 Juli 2012

Begini 10 ikan laut favorit para pemancing Indonesia



Indonesia merupakan surganya para pemancing. Indonesia merupakan sebuah negara dimana wilayah perairanya lebih luas daripada luas daratanya. Berbagai jenis ikan dengan beragam warna serta ukuran dapat kita temui di sini.

Dalam kesempatan kali ini akan membahas mengenai 10 jenis ikan laut favorit atau target utama para pemancing. Walau sebenarnya, semua jenis ikan memiliki sensasi tersendiri dan memiliki banyak penggemar, namun 10 jenis ikan laut ini menjadi ikan laut yang paling banyak memiliki fans.

Lalu ikan apa sajakah tersebut? Langsung saja simak artikel berikut ini :D
Indonesia merupakan surganya para pemancing Begini 10 ikan laut favorit para pemancing Indonesia
ikan giant travelly


Giant Travelly

Giatn travelly merupakan jenis ikan yang memiliki tenaga super besar lengan berkuasa dan tidak mudah menyerah. Makara wajar kalau ikan Giant Travelly menjadi ikan laut yang paling banyak diburu oleh para pemancing.

Ketika mata kail sudah menancap lisan ikan GT, maka ikan GT tak henti hentinya berenang jauh dan dengan cepat untuk berusaha melepaskan diri.

Bahkan tidak jarang lho ikan Giant Travelly atau yang lebih sering di panggil ikan GT merusak atau menjebol jaring nelayan.

Ikan GT dikenal dengan banyak nama di Indonesia, diantaranya ikan kuwe gerong, ikan lawis, dan ikan caru.

Bawal bintang

Ikan bawal bintang memang bukan merupakan jenis ikan laut predator, namun ikan bawal bintang memiliki tarikan yang tidak boleh diragukan.

Ikan yang lebih dikenal dengan nama ikan gatho biasa di pancing dari pinggir laut, baik karangan (rockfishing) maupun pasiran (surfcasting). Sekilas ikan Gatho memiliki bentuk menyerupai ikan GT, namun ikan gatho tidak memiliki gigi yang tajam dan memiliki dahi yang jenong.

Kalau sedang ekspresi dominan ikan gatho, di sepanjang pantai selatan jawa hampir dapat dipastikan ramai para pemancing pasiran, terutama di sepanjang pantai Jogja, Purworejo dan Kebumen.

Tenggiri

Ikan tenggiri merupakan salah satu jenis ikan laut pelagis dan juga ikan laut predator. Ikan tenggiri memiliki bentuk menyerupai torpedo yang dilengkapi gigi-gigi yang super tajam. ya sudah dapat anda bayangkan sendiri bagaimana  tarikanya.

Tarikan ikan tenggiri yang besar lengan berkuasa dan khas membuat ikan tenggiri menjadi salah satu ikan favorit para pemancing di laut. 

Selain itu rasa ikan tenggiri sangat lezat, maka tak heran kalau harganya juga cukup mahal.

Kerapu

siapa yang tak kenal dengan ikan kerapu? Salah satu ikan predator penghuni karang di lautan.

ikan kerapu dikenal sebagai ikan dengan harga jual yang fantastis. Maka tak heran kalau banyak pemancing memilih menjualnya dari pada mengkonsumsi sendiri ikan kerapu hasil tangkapanya.

Terdapat banyak jenis ikan kerapu, namun semuanya menjadi favorit para pemancing. Ikan kerapu yang lebih sering menghabiskan waktunya di dasar air serta  memiliki tarikan yang mantab sering kali membuat kerepotan para pemancing.

Untuk menaklukan ikan kerapu cukup menguras tenaga para pemancing, apalagi kalau spot memancingnya sangat dalam.

Kakap

Terdapat banyak jenis ikan kakap, namun terdapat tiga jenis ikan kakap yang menjadi primadona para pemancing, yakni ikan kakap putih, ikan kakap bakau dan ikan kakap merah.

Ikan kakap putih yang juga dikenal dengan nama ikan baramundi dan ikan kakap bakau yang memiliki nama keren mangrove jack pada umumnya lebih mudah di pancing di perairan payau. Sedangkan di pantai utara Jawa, ikan kakap putih dapat dipancing di laut lepas.

Ikan kakap merah jarang ditemui diperairan payau, dan lebih efektif di pancing di laut dengan dasar batuan karang.

Ikan kakap merupakan jenis ikan predator, maka ikan kakap lebih sering dipancing menggunakan teknik casting. Jikamemancing ikan kakap menggunakan umpan alami, umpan hidup lebih killer dari pada ikan yang sudah mati.

1 2 3

Posting Komentar

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan