BREAKING NEWS

Selasa, 24 Juli 2012

Begini Cara Memperbaiki (Mengganti) Ring Guide Joran



Ring guide merupakan bab joran yang sangat penting. ring guide yang juga sering disebut dengan kolongan atau cincin joran berfungsi sebagai daerah jalanya senar atau kenur pancing.

Jika ring guide rusak maka sangat berakibat sangat fatal. Kualitas ring guide yang buruk saja dapat merusak senar atau kenur pancing, apalagi kalau ring guide atau kolongan rusak. Maka dari itu harus segera di perbaiki.

Ring guide biasanya rusak alasannya ialah bab keramik pecah atau bab penyangganya patah alasannya ialah berkarat atau terbentur. kalau sudah rusak, mau tidak mau memang harus segera di ganti. Terus bagaimana cara memperbaiki atau mengganti ring guide yang rusak?

Memperbaiki ring guide joran antena / telescopic

Mari kita mulai dari cara memperbaiki kolongan joran telekopic atau antena.

Memperbaiki ring guide joran teleskopik bekerjsama cukup sederhana, namun agak merepotkan kalau ring guide yang di ganti bukan kolongan bab atas atau top ring guide. Karena kita harus melepas kolongan atau ring guide bab atasnya terlebih dahulu.

Cara melepas kolongan joran teleskopik cukup mudah, yakni dengan memanaskan ring guide secara merata menggunakan korek api. Perlu diingat, memanaskanya harus merata mengelilingi besi ring guide. Dan sebisa mungkin jangan terlalu panas alasannya ialah dapat merusak blank joran itu sendiri.

Lem yang melekat pada ring guide dan joran akan meleleh alasannya ialah panas. Anda dapat menggunakan tang untuk melepas joran. Selanjutnya tinggal memasang ring guide joran satu persatu.

Hal yang paling sulit ialah mencari kolngan joran yang pas pada blank joran. Jika pancing anda ialah pancing dengan merk cukup terkenal atau joran yang cukup laris dipasaran, mungkin banyak yang menjual kolongan joran tersebut. Namun kalau joran anda jarang ada yang memakai atau joran keluaran baru, sangat susah mencari kolongan yang cocok.

Untuk itu disarankan untuk menggunakan kolongan atau ring guide dengan ukuran lebih besar. Kemudian, sebelum di pasang anda dapat melapisi blank joran dengan lem. Jika kurang tebal, anda dapat melapisinya menggunakan benar yang dililikan pada blank.

Cara Memperbaiki Ring Guide Joran Model Sambung/ Stick/ Patahan

Ring guide merupakan bab joran yang sangat penting Begini Cara Memperbaiki (Mengganti) Ring Guide Joran
Cara Memperbaiki (Mengganti) Ring Guide Joran

Untuk memperbaiki cincin joran atau ring guide joran sambung memang sangat membutuhkan ketelitian. Kita dituntut harus cermat dalam memasang ring guide supaya lurus.

Untuk memperbaiki top ring guide joran model patahan atau sambung caranya sama dengan cara memperbaiki joran model antena. Namun untuk memperbaiki cincin joran lainya memang berbeda. Mengingat joran joran model sambung menggunakan kolongan dengan satu atau dua kaki.

Joran buatan pabrik atau pun custom handmade biasanya dibuat serapi mungkin. Sehingga akan sangat membingungkan bagi pemula yang ingin melepasnya. Dalam melepas ring guide harus hati hati. Kita tidak mampu melepasnya menggunakan api alasannya ialah dapat merusak blank joran. Apalagi joran yang terbuat dari fiber, blank joran akan sangat mudah leleh.

Terus cara melepas cincin joran bagaimana? Caranya ialah dengan menggunan cutter, silet atau pisau. Goreskan pisau pada lem yang menempel diatas kaki kolongan atau bab sampingnya. Hati hati ya, jangan hingga cutter menggores blank joran. Bisanya lapisan paling atas ialah resin dan ada benang di bawahnya.

Lalu bersihkan dengan hati hati. Jika ring gude sudah dapat di lepas, lepas ring guide terlebih dahulu, gres selanjutnya dibersihkan secara menyeluruh.
baca juga


Lalu bagaimana cara memasang ring guide pengganti? Caranya yakni dengan menmpelkan ring guide menggunkan lem berpengaruh terlebih dahulu. Merk lem bebas, yang penting kuat. fungsi lem kali ini hanya menahan posisi ring guide supaya tetap lurus dan tidak berubah posisinya.

Lalau selanjutnya melapisi kaki ring guide menggunakan benang. Anda dapat menggunakan benang khusus yang di jual di toko pancing atau benang jahit. Namun kalau anda menginginkan kolongan yang berpengaruh untuk melawan ikan berukuran besar, anda dapat menggunakan benang PE atau braided line.


Pasang benang secara rapi dan rapat, cukup satu lilitan saja. Setelah itu beri lem benang tersebut secara merata dan tunggu hingga kering. Sebenarnya joran sudah siap untuk digunakan, namun bagi anda yang ingin mempercantik kolongan, anda dapat melapisi kolongan tersebut dengan resin.

1 komentar :

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan