BREAKING NEWS

Selasa, 03 Juli 2012

Begini Tips Mancing Ikan Cendro

Kailbayu.com - Ikan cendro merupakan salah satu jenis ikan pelagis yang banyak di jumpai di Indonesia. Ikan cendro memiliki nama ilmiah Tylosurus crocodilus. Di beberapa daerah ikan ini juga dikenal dengan nama ikan cucut atau ikan panjo.

Ikan cendro memiliki badan lingkaran memanjang. Dengan moncong yang panjang dan memiliki banyak gigi yang tajam. ikan cendro dapat tumbuh sampai panjang lebih dari satu meter. Ikan cendro memiliki warna biru hijau ke abu-abuan dengan perut berwarna putih keperakan.
 
ikan panjo atau ikan cendro sumber gambar: wikipedia.org
Untuk mancing ikan cendro  di perlukan umpan hidup atau dengan teknik ngoncer. Sebenarnya umpan mati atau daging ikan dapat digunakan sebagai umpan, akan tetapi tidak begitu efektif. Jika menggunakan umpan mati sebaiknya umpan dimainkan dengan cara ditarik atau di gerakkan.

Umpan yang digunakan untuk mancing ikan cendro biasanya udang hidup atau anakan ikan belanak dan beberapa jenis ikan kecil lainya. Mengingat makanan ikan cendro di alam yakni ikan ikan kecil yang berada di sekitar karang.

Selain itu ikan cendro juga dapat di pancing dengan teknik casting lho. Jika anda mancing ikan cendro dengan teknik casting, pilihlah umpan yang actionya berada di permukaan air menyerupai softlure, popper, swimmer dan minnow dengan action floating.

Spot mancing ikan cendro biasanya di dermaga, pemecah ombak atau tebing karang. namun ikan cendro lebih menyukai spot yang banyak terdapat karang di dasarnya. Sangat jarang ada yang mendapat ikan cendro dari laut berpasir atau menggunakan teknik surf casting.

Teknik yang digunakan untuk mancing panjo biasanya teknik mengambang. Ikan panjo biasanya bernang di permukaan air, sangat jarang berada di dasar air.

Ikan cendro memiliki lisan berbentuk mocong yang kecil, panjang dan keras dengan banyak gigi yang tajam. hal ini tentunya membuat ikan cendro atau panjo ini sulit untuk di pancing.

Dengan lisan yang kecil dan keras mata kail sangat sulit menancap pada lisan ikan. bila mata kail berhasil menancap pada lisan ikan, masih tetap harus hati hati dalam menangani ikan cendro. Giginya yang tajam di sepanjang mulutnya yang panjang dapat sewaktu waktu memutus senar dengan mudah.

Saat umpan dimakan ikan cendro, jangan pribadi disentak. Karena ikan cendro dapat membuka mulutnya lebar lebar yang membuat mata kail tidak menancap. Cukup kencangkan senar pancing biar ketika ikan cendro berusaha menelan umpan, mata kail akan menancap dengan sendirinya.

Oleh sebab itu bila anda memancing panjo jangan lupa menggunakan neklin beberapa cm untuk leader.

Karena hal tersebut, para pemancing karangan di Gunung Kidul banyak yang memancing panjo atau ikan cendro inidengan cara di cekrik atau di garong,  yakni dengan cara memancing panjo tanpa umpan namun para pemancing berusaha menancapkan mata kail pada badan ikan yang lebih lunak dibanding mulutnya.

Bagaimana cara mancing ikan cendro dengan cara di cekrik?  Para pemancing menggunakan mata kail dengan ukuran besar yang disusun  secara bertingkat dengan enam atau lebih mata kail. Dibagian bawah mata kail di beri pemberat berupa timah.

Saat timah di masukan kedalam air, ikan cendro akan mengejarnya sebab penasaran. Jika ikan cendro sudah bersahabat segera turunkan mata kail dan hentakkan joran dengan cepat. Timingnya harus sempurna dan cepat. Karena bila ikan cendro sudah tidak penasaran atau sudah mengetahui bahwa itu bukan makananya, ikan cendro akan segera berbalik arah.
baca juga


Namun mancing ikan cendro dengan umpan tentunya lebih menawarkan sensasi yang menyenangkan. Karena ikan cendro tak jarang melompat akrobatik berusaha melepaskan diri dari jeratan mata kail.

Musim ikan cendro biasanya ketika demam isu panas. Saat mancing ikan cendro pilihlah spot yang dengan air jernih dan berarus. Selain itu ikan cendro menyukai perairan dengan ombak tenang.

Ikan cendro memang bukan tipe ikan yang mencari makan secara bergerombol. Namun ketika demam isu ikan cendro, kita dapat menjumpai banyak ikan cendro. Jika anda mancing dari bukit karang atau mancing karangan, kita dapat melihat ikan cendro yang berenang disekitar batuan karang.


Posting Komentar

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan