BREAKING NEWS

Jumat, 29 Juni 2012

Begini cara Membuat Lure Pencil (swimmer) dari Kayu


Lure pencil merupakan umpan tiruan atau umpan palsu yang didesain mirip dengan bentuk ikan. disebut dengan lure pencil mungkin arena lure ini berbentuk panjang dengan ujung runcing mirip pencil.

Kali ini .com akan membuatkan tips cara mebuat lure pencil dari kayu. Lure pencil yang akan dibahas di artikel ini merupakan lure pencil dengan action swimmer. Makara umpan tiruan yang akan kita buat bukan hanya bentuknya saja yang ibarat ikan, namun actionya juga akan mirip ikan yang berenang di permukaan air.

Penasaran?

Mari eksklusif kita bahas saja cara membuat lure pencil dari kayu.

Apa saja materi yang dibutuhkan untuk membuat lure pencil?

Kayu

Kayu merupakan materi utama yang paling sering digunakan para lure maker untuk membuat umpan palsu. Selain mudah didapat, kayu juga mudah dibentuk. Tentunya setiap jenis kayu memiliki abjad tersendiri.

Untuk membuat lure swimmer anda dapat menggunakan kayu jati atau kayu mahoni. Namun kayu jenis lainya masih dapat digunakan kok.

Kawat

Kawat digugunakan untuk membuat bab dimana mata kail atau treeble akan di pasang. kawat yang cocok untuk membuat umpan tiruan dari kayu ialah kawat stainlees. Karena kawat stainlees berpengaruh dan tahan karat.

Timah

Timah digunakan sebagai pemberat dan menentukan action lure itu sendiri.

Ketiga materi diatas merupakan materi utama dalam pembuatan lure dangan action swimmer. Namun masih dibutuhkan alat dan materi lainya mirip gergaji, lem, amplas, cat, pisau dan lain lain.

Cara Membuat Lure Pencil ( Swimmer)

Lure pencil merupakan umpan tiruan atau umpan palsu yang didesain mirip dengan bentuk ikan Begini cara Membuat Lure Pencil (swimmer) dari Kayu
sketsa Lure Swimmer
Pertama tama gambarlah desain lure atau umpan palsu yang akan anda buat pada kertas. Setelah jadi dan dirasa sudah pas, silahkan salin gambar anda pada kayu yang akan digunakan untuk membuat umpsan palsu.

Potong dan bentuk kayu sesui dengan gambar anda, semakin presisi semakin bagus. Karena umpan uang presisi akan memudahkan kita dalam mengatur atau menerima acion lure yang kita inginkan.
Lalu gergaji menggunakan gergaji besi pada bab bawah lure. Nantinya lubang memanjang ini akan digunakan untuk memasang kawat. Sudah?
 baca juga


Pasang kawat pada umpan tiruan tersebut dan tutup lubang menggunakan dempul, lem epoxy atau lem yang dicampur dengan serbuk kayu.

Sekarang cek keseimbangnya dengan mencobanya di atas air.

Kalau sudah seimbang kita akan lanjut ke tahap yang paling penting, yakni pemasangan timah. Timah pemberat menjadi penentu atau pengatur action dari lure itu sendiri,

Pasang timah pemberat pada bab depan lure. Berapa berat timah untuk membuat umpan tiruan pencil? Tentunya berat timah diadaptasi dengan besar dan berat umpan tiruan dari kayu.

Lihat pada gambar, usahakan umpan palsu tersebut karam pada bab depanya saja sekitar 60% sampai 90 % sesuai dengan selera anda. Anda dapat melaksanakan percobaan untuk menerima action yang anda inginkan.

Kalau sudah di pasang tinggal di test. Apa action lure sudah mirip ikan yang berenang dan bergeal geol? Kalau belum, cukup denga menambah atau mengurangi timah saja. Anda juga dapat menggeser posisi timah pada umpan tiruan tersebut.

Kalau sudah silahkan di cat diberi warna sesuai dengan selera anda. :D Selamat Mencoba

key word
tutorial membuat lure dari kayu. membuat lure pencil. cara membuat umpan tiruan swimmer dari kayu. desain umpan tiruan swimmer dari kayu. bagan umpan dari kayu.









Posting Komentar

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan