BREAKING NEWS

Jumat, 29 Juni 2012

Begini Buah Mengkudu - Umpan Jitu Mancing Ikan Gurame


Anda tahu buah mengkudu? Tahu dong tentunya. Buah mengkudu merupakan salah satu buah yang tidak begitu populer sebagai buah konsumsi namun terkenal dengan baunya yang khas. Selain itu buah mengkudu juga populer alasannya yaitu kaya akan manfaat.

Lalu apa hubunganya dengan mancing? Ya buah mengkudu dapat dijadikan umpan mancing ikan gurame yang terkenal Jitu dan ampuh. Bagaimana cara meracik umpan mengkudu? Bagaimana cara memasang buah mengkudu sebagai umpan mancing.

Sebelumnya, mari kita bahas apa itu buah mengkudu.
 
 Buah mengkudu merupakan salah satu buah yang tidak begitu populer sebagai buah konsumsi n Begini Buah Mengkudu - Umpan Jitu Mancing Ikan Gurame
buah mengkudu
Dikutip dari laman https://id.wikipedia.org/wiki/Mengkudu, buah Mengkudu memiliki nama ilmiah Morinda citrifolia. Di Indonesia, buah mengkudu dikenal dengan nama berbeda beda di beberapa daerah, menyerupai keumeudee (Aceh); cangkudu (Sunda); pace, kemudu, kudu (Jawa); tibah (Bali) dan kodhuk (Madura).

Pohon mengkudu tumbuh di kawasan dataran rendah hingga kawasan dengan ketinggian 1500 m. Pohon mengkudu dapat tumbuh hingga memiliki ketinggian 8 meter. Buah mengkudu yang masih muda berwarna hijau, sedangkan buah menkudu yang sudah bau tanah berwarna putih dengan bintik bintik coklat yang tampak jelas.

Buah mengkudu populer sebagai tanaman obat. Bahkan mengkudu dipercaya dapat melawan sel-sel kanker.

Buah mengkudu paling sering dikonsumsi dengan cara di buat jus. Namun buah mengkudu dapat pribadi dikonsumsi, dibuat sayur atau dibuat rujak. Bahkan daun mengkudu dapat diolah menjadi kuliner yang sangat lezat lho.

Mari kita kembali  membahas buah mengkudu sebagai umpan mancing ikan gurame.

Bagaimana cara memilih buah mengkudu yang mengagumkan dan jitu untuk umpan mancing gurame? Buah mengkudu yang dipilih untuk umpan merupakan buah mengkudu yang sudah matang namun belum bertekstur lembek.

Buah mengkudu tersebut sudah berwarna putih dan mengeluarkan amis khas buah mengkudu. Lalu dikala dipotog, buah mengkudu tersebut tidak mudah hancur atau lembek.

Cara memasang buah mengkudu pada mata kail cukup mudah. Yakni dengan memotong buah mengkudu seukuran mata kail yang akan digunakan. Setelah itu cukup tancapkan buah mengkudu ke mata kail secara perlahan.

Lalu apakah buah mengkudu dapat digunakan untuk memancing jenis ikan lainya selain ikan gurame?
baca Juga:


Mungkin saja bisa. Saya ingin mencoba menggunakan umpan mengkudu sebagai umpan mancing ikan bawal dan ikan patin. Ikan bawal dan ikan patin memiliki selera makan yang unik dan berubah-ubah.

Nampaknya amis khas buang mengkudu dapat menarik perhatian kedua jenis ikan tersebut. Sayangnya, hingga sekarang belum sempat mempraktekan atau mencobanya. Apa anda pernah mencobanya? Atau pernah menggunakan buah mengkudu untuk mancing ikan selain ikan gurame?


Kalau anda sudah pernah menggunakan mengkudu sebagai umpan atau menerima ikan menggunakan umpan buah mengkudu, silahkan tambahkan ke kolom komentar di bawah ini :D.

Posting Komentar

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan