BREAKING NEWS

Jumat, 29 Juni 2012

Begini Yuk Kenalan dengan Ikan Jelawat

Ikan Jelawat merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang dapt ditemukan di perairan air tawar di Indonesia. Ikan ini mungkin tidak sepopuler ikan hampala yang masih kerabat ikan jelawat, namun ikan jelawat sangat populer di pulau Kalimantan dan di pulau Sumatera. Hal ini wajar, alasannya yaitu di Indonesia, ikan Jelawat hanya dapat ditemukan disungai atau danau di dua pulau besar tersebut dan pulau pulau di sekitarnya.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom :  Animalia
Filum       : Chordata
Kelas        : Actinopterygii
Ordo        : Cypriniformes
Famili      : Cyprinidae
Genus      : Leptobarbus
Spesies    : L. hoevenii



Ikan jelawat banyak di temukan di sungai-sungai d Jambi, Pontianak, sampit dan beberapa kawasan lainya.

Ikan Jelawat memiliki nama ilmiah Leptobarbus hoevenii. Selain dapat ditemukan di perairan Indonesia, ikan jelawat juga dapat ditemukan di negara Tetangga, yakni negara Malaysia. Di Malaysia, ikan Jelawat dikenal sebagai ikan sultan.

Ikan jelawat memiliki bentuk badan memanjang menyerupai ikan melem, lukas, hampala dan sebagainya dan pada bab kepala agak meruncing. Warna ikan jelawat debu abu keperakan pada bab sisiknya dengan sirip dan kepala berwarna coklat muda kemerahan.

Untuk tarikan ikan jelawat menurut aku tidak perlu diragukan lagi. Dengan bentuk badan menyerupai itu dan bentuk ekspresi yang terlihat kokoh, nampaknya ikan jelawat bukanlah tipe ikan yang mudah menyerah. Apalagi ikan jelawat yang berukuran besar. o iya ikan jelawat dapat tumbuh sampai memiliki panjang lebih dari setengah meter lho.

Walau kerabat ikan jelawat yakni ikan hampala atau ikan palung meruapakan ikan predator, ikan jelawat dikenal sebagai ikan herbivora lho. Di habitatnya, ikan jelawat sering memakan tumbuhan air menyerupai lumut yang rymbuh di sungai atau di danau.

Namun bahwasanya ikan jelawat merupakan ikan omnivora. Hal terbukti ikan jelawat dapat di pancing menggunakan umpan serangga, cacing bahkan ulat.

Ikan jelawat menyukai sungai dengan arus cukup deras dan dalam. Jika anda memancing ikan jelawat carilah spot di sungai yang memiliki bab lubuk atau kedung yang cukup dalam. Karena ikan jelawat senang sekali bersembunyi dan berkumpul di sana.



Posting Komentar

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan