BREAKING NEWS

Sabtu, 16 Juni 2012

Begini Ikan Lion Fish, Si Cantik yang Beracun



Halo apa kabar pembaca setia kailbayu?

Pernahkah anda mendengar nama ikan lion fish? Ya, lion fish merupakan ikan yang cantik dan dapat anda temui di toko akuarium dan ikan hias.

Di Indonesia, ikan Lion Fish dikenal dengan nama ikan lepu ayam. Selain itu, ikan lion fish juga dikenal dengan nama scorpion fish dan dragon fish. Sedangkan nama ilmiah dari ikan yang memiliki racun pada durinya ini adalah  Pterois volitans
Pernahkah anda mendengar nama ikan lion fish Begini Ikan Lion Fish, Si Cantik yang Beracun
lionfish, sumber: wikipedia.org

Ikan lion fish hidup menyendiri di sekitar karang dan makananya berupa ikan ikan kecil.

Ikan lionfish termasuk ikan predator, dan berburu ikan ikan kecil dengan memanfaatkan racun pada durinya. Selain untuk berburu, duri duri tersebut juga dimanfaatkan ikan yang dikenal dengan nama ikan lepu ayam ini sebagai alat pertahanan diri dari serangan para pemangsa.

Kecantikan ikan lepu ayam telah di akui oleh para pecinta ikan hias, namun dibalik kecantikanya itu, tersimpan racun yang sangat menyakitkan bila durinya terkena badan manusia.

baca juga

Meski ikan lepu berhabitat di samudera, tak jarang ikan lepu berenang di tempat pantai berkarang bahkan memasuki tempat muara sungai.

Jika anda sedang memancing lalu menerima ikan lionfish, jangan di pegang sebab cukup berbahaya. Jangan termakan dengan kecantikanya, hehe.

Apalagi bila anda sedang bermain di pantai berkarang yang dangkal. ikan lepu ayam akan terlihat berenang menarik hati orang yang melihatnya. Selain itu ikan lepu ayam sangat damai saat berenang, dan relatif mudah untuk ditangkap.

Hal inilah yang menimbulkan banyak orang yang melihatnya ingin menangkap ikan lionfish dengan tangan kosong.

Jika anda terkena sengatan ikan lepu ayam, segera rendam episode yang terndam dengan air hangat atau segera pergi ke dokter terdekat.

Jika anda memelihara ikan lionfish, jangan coba coba memegang ikan lionfish ya, bila tidak ingin tersengat.

Ikan lionfish dapat tumbuh sampai mencapai panjang sekitar 40 sentimeter. Selain siripnya yang tersusun dengan indah, warna lion fish juga sangat menarik. Umumnya berwarna belang dengan perpaduan banyak sekali warna, ada yang jitam, putih, coklat, merah dan ada juga ikan lion fish yang berwarna kuning.

referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Lepu di saluran tanggal 26/07/2017

Posting Komentar

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan