BREAKING NEWS

Rabu, 04 Juli 2012

Begini Umpan Tiruan untuk Casting Ikan Hampala



Ikan hampala merupakan salah satu ikan predator yang sangat populer di Indonesia. mungkin, kalau anda gres pertama kali melihat ikan hampala, anda tidak menyangka kalau ikan hampala merupakan ikan predator. Mengingat bentuk ikan hampala sangat menyerupai dengan ikan wader atau ikan lunjar.
 
Ikan hampala merupakan salah satu ikan predator yang sangat populer di Indonesia Begini Umpan Tiruan untuk Casting Ikan Hampala
ikan hampala dan spoon,  photo by Marwand C
Ya alasannya yaitu termasuk kedalam jenis ikan predator, ikan hampala menjadi salah ikan target casting air tawar. Karena tarikanya yang besar lengan berkuasa dan sering membuat para pemancing kualahan menghadapinya membuat ikan ini menjadi sangat populer.

Lalu umpan tiruan atau lure apa saja kah yang cocok untuk casting ikan hampala?

Dalam kesempatan ini kailbayu akan membahas mengenai jenis umpan tiruan atau umpan palsu yang efektif dan killer untuk casting ikan hampala. Langsung saja berikut beberapa jenis umpan tiruan yang ampuh untuk memperdaya ikan hampala.

WTD

Wtd atau walk the dog merupakan salah satu jenis umpan tiruan top water, yakni umpan yang actionya berada di permukaan air. Wtd menjadi umpan yang paling populer diantara para caster hampala.

Action wtd yang unik, yakni berlenggak lenggok layaknya anjing yang berjalan ke kiri dan ke kanan akan membuat ikan hampala penasaran dan segera menyambarnya ketika lure ini melintas di depanya.

Umumnya wtd yang digunakan untuk casting ikan hampala memiliki panjang antara 5 cm hingga 9 cm.

Mini Popper

Bagi anda pemburu babon ikan hampala atau ikan hampala berukuran besar tentunya sudah tidak absurd lagi dengan jenis umpan satu ini.

Mini Popper atau poper berukuraan kecil menjadi umpan andalan yang sangat ampuh untuk mengecoh ikan yang juga disebut denga ikan palung ini. Mini popper yang mengeluarkan bunyi cukup berisik dan actionya yang seolah menantang si ikan ini membuat ikan yang melihatnya tak tabah lagi ingin menyambar.

mini popper juga sangat cocok untuk casting ikan hampala ketika air sedang keruh atau berwarna kecoklatan. Biasanya para castinger menggunakan mini popper dengan panjang 5 cm hingga 9 cm.

Swimmer

Sekilas bentuk swimmer menyerupai dengan wtd, namun memiliki action menyerupai minnow akan tetapi berada di permukaan air.

Swimmer cocok untuk casting hampala di air yang berarus deras. Ikan hampala yang lapar tentunya akan segera menyambar umpan tiruan yang menyerupai dengan ikan kecil yang berenang.

Spoon

Umpan spoon sangat cocok untuk casting ikan hampala ketika air jernih dan di siang hari. Cahaya matahari yang dipantulkan oleh spoon dan membuat umpan ini gemerlap akan membuat ikan hampala tertarik untuk menyambarnya.

Spoon sangat cocok untuk casting ikan hampala semua ukuran. Ikan hampala berukuran kecil hingga babon akan segera menyambar umpan tiruan ini kalau melihatnya.
baca juga


Bulu Ayam

Umpan tiruan dari bulu ayam menjadi salah satu jenis ikan yang sangat fenomenal. Umpan tiruan dari bulu ayam sudah tidak diragukan lagi kekilleran dan kefektifanya dalam memperdaya ikan hampala.


Selain itu cara membuatnya yang simple juga menjadi alasan mengapa umpan tiruan ini banyak diminati para castinger. 

Posting Komentar

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan