BREAKING NEWS

Kamis, 05 Juli 2012

Begini Trik Mancing Wader Pari

Bagi anda pemancing air tawar, khususnya pecinta mancing wader mungkin sudah sering umpan berkali kali disambar tetapi ikan tidak tersangkut di kail. Padahal  apungan atau kambang sudah  menghujam dan karam dengan cepat dan dalam.
 
 khususnya pecinta mancing wader mungkin sudah sering umpan berkali kali disambar tetapi i Begini Trik Mancing Wader Pari
wader pari
Dan begitu ditarik ternyata ikan wader pari berukuran tidak lebih dari ukuran kelingking. Ya ikan wader pari memang dikenal memiliki tarikan yang mantab. Namun alasannya yaitu ukuranya yang tergolong kecil, sangat susah untuk mata kail menancap pada ekspresi ikan.

Ikan wader pari umumnya sangat kecil, yakni sebesar  pulpen. Namun sebetulnya ikan wader pari dapat tumbuh hingga ukuran tiga jari.

Wader pari dengan ukuran tiga jari susah untuk di temui sekarang. Saya pernah mendapatkanya di sebuah sungai kecil di pegunungan.

O iya, ikan wader pari menyebar luas di Indonesia dan beberapa negara di Asia. Ikan wader pari juga di kenal dengan sebutan ikan lunjar pari, lunjar padi, lunjar andong , paray , cecereh, ikan cere , pantau, seluang , ikan bada ( sumber : wikipedia). Di dunia, ada lebih dari 80 jenis ikan wader pari.

Ikan wader pari memang dikenal cukup susah dipancing. Ada juga yang malah menganggap ikan wader pari sebagai ikan pengganggu dikala memancing. Wader pari yang sangat rakus menyambar ha mpir semua jenis umpan.

Hal yang membuat sebal para pemancing pada umumnya yaitu alasannya yaitu mata kail susah menancap pada ekspresi ikan. sebetulnya ada trik khusus mancing wader atau lunjar padi ini.

Untuk trik khusus mancing wader padi ini kita mulai dari senar atau kenur pancing yang kita gunakan. Gunakan senar dengan ukuran 0.06 mm hingga 0.12 mm. Semakin kecil senar semakin bagus, mengingat ukuran ikan umumnya kecil.

Selanjutnya pilih mata kail berwarna putih atau emas, mata kail dengan warna hitam tidak dianjurkan alasannya yaitu hanya sedikit memantulkan cahaya.

Pantulan cahaya dari mata kail akan menarik perhatian ikan, ikan yang penasaran akan mengejar mata kail.

Untuk umpan bebas, alasannya yaitu ikan ini sangat rakus. Umpan racikan lebih dianjurkan. Umpan racikan dari tempe, roti, biskuit, tepung dan cacing dapat digunakan.
baca juga


Agar mata kail lebih mudah menancap pada ekspresi ikan ada trik dan cara khususnya. Apa itu? Yang pertama pastikan mata kail benar benar tajam.

Yang kedua pasang umpan hanya pada ujung mata kail saja. Kecil tidak apa apa, supaya ikan benar benar menyambar pada ujung mata kail, bukan pada gagangnya.

Sebelumnya di bom atau di beri charming supaya ikan wader pari berkumpul menggunakan umpan. ikan wader pari biasanya mencari makan secara bergerombol.

Lempar umpan dan ditarik perlahan, wader pari yang melihat umpan yang bergerak biasanya akan penasaran dan pribadi menyambar umpan.


Ubtuk kecepatan menarik umpan silahkan anda melaksanakan percobaan sendiri. Karena sangat sulit untuk dijelaskan menggunakan kata kata, hehe.

Posting Komentar

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan