BREAKING NEWS

Minggu, 01 Juli 2012

Begini Tips Mancing Ikan Kampur (Karangan)


Sudah lama saya ingin menulis artikel wacana ikan kampur, salah satu jenis ikan yang menjadi target para pemancing karangan (rockfishing). Namun alasannya ialah kurangnya isu dan belum merasakan  tarikan ikan kampur dengan ukuran yang memuaskan, gres kali ini saya dapat menulis artikel ini.

Sudah lama saya ingin menulis artikel wacana ikan kampur Begini Tips Mancing Ikan Kampur  (Karangan)
kang Anwar dengan ikan Kampurnya

Setelah mencari info kesana kemari, bertemu para pemancing karangan senior akibatnya saya mendapat info mengenai tips mancing kampur. Bukan hanya itu saja,saya pun berhasil mencicipi tarikan kampur dengan ukuran cukup lumayan.

Trip mancing karangan ke pantai Gesing yang pertama bersama kang Anwarudin menjadi trip yang mengesankan, selain untuk pertama kalinya ikut menghajar ikan kampur, ini juga trip kami berdua bermalam di tepi jurang yang pertama.

Mari kita kembali ke tema artikel ini, yakni tips mancing ikan kampur.

Ikan kampur juga dikenal dengan nama ikan kampo, ikan kampuh atau ikan sangnging. Ikan kampur di kenal memiliki rasa yang lezat. Selain itu tarikanya yang mantap membuat banyak pemancing mengakibatkan ikan kampur salah satu target utama mancing karangan.

Ikan kampur merupakan jenis ikan karang, maka untuk mancing ikan kampur harus di pantai dengan dasar berkarang. Sangat jarang ada yang mendapat ikan kampur dari pantai atau laut dengan dasar berupa pasir.

karena ikan kampur merupakan ikan yang lebih sering mencari mkan di sela batuan karang di dasar air, teknik dasaran atau bottom fishing lebih dianjurkan. lemparlah umpan di titik dimana terdapat arus air.


Sudah lama saya ingin menulis artikel wacana ikan kampur Begini Tips Mancing Ikan Kampur  (Karangan)
ikan kampur
Saat itu kami menggunakan senar PE 4, alasannya ialah kami menggunakan reel kecil, yakni reel dengan ukuran 5000 dan 6000 saja. Jika menggunakan PE berukuran lebih besar tidak dapat menampung senar cukup panjang.

Namun, menurut isu yang berhasil saya dapatkan, ukuran standar minimal mancing karangan dengan target ikan kampur yakni PE 6, paling nyaman menggunakan PE 8. Mengingat tarikan ikan kampur cukup membuat jantung berdebar debar.

Jika menggunakan PE kecil sangat besar resiko senar pancing putus. Memang tidak ada ukuran standar pasti dalam memancing, namun senar dengan ukuran tersebut merupakan ukuran senar yang paling umum digunakan untuk mancing kampur.

Selain itu, reel yang paling umum digunakan untuk mancing karangan yakni reel dengan ukuran diatas 8000. Jangan lupa untuk menggunakan joran stick dengan action heavy atau kaku. Biasanya joran dengan action ibarat itu merupakan joran jenis sambung atau stick.

Ikan kampur merupakan ikan predator, maka dari itu anda dapat menggunakan ikan sebagai umpan. ikan belanak, ikan kembung dan ikan air tawar dapat anda gunakan sebagai umpan. namun kapurito menjadi umpan yang dipercaya paling jitu untuk mancing ikan kampur.
baca juga


Tips dalam bertarung melawan ikan kampur ialah jangan biarkan ikan terus berada di dasar air. Karena ikan kampur akan berusaha mencari kawasan persembunyian. Terus pompa joran hingga ikan kampur kelelahan dan mengambang.

 Jika ikan kampur berhasil bersembunyi, yang dapat kita lakukan hanya menunggu ikan tersebut mau keluar dari kawasan persembunyianya. Jika sudah keluar pribadi hajar lagi.


Posting Komentar

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan