BREAKING NEWS

Minggu, 24 Juni 2012

Begini Mancing Melem dengan Teknik Nutul

Pernah mendengar teknik mancing nutul?

dalam kesempatan kali ini kailbayu akan membahas apa itu teknik mancing nutul.

Teknik mancing nutul merupakan sebuah teknik mancing yang cukup unik, teknik ini sangat populer di Temanggung.

Teknik mancing nutul biasanya digunakan untuk berburu ikan melem di sungai. Tentu tahu dong ikan melem. Ikan melem juga dikenal dengan nama ikan nilem.

Lalu apa sih yang membedakan teknik mancing nutul dengan teknik mancing lainya?

Jadi gini, pada umumnya ketika memancing di sungai, khususnya mancing ikan melem, para pemancing menggunakan pelampung sebagai menunjukan ketika umpan disambar ikan dan untuk mengatur ketinggian umpan.

Sedangkan dalam teknik mancing nutul, para pemancing sama sekali tidak menggunakan pelampung atau kambangan. Terus bagaimana caranya?
 kailbayu.com
Mari kita mulai dari peralatan memancingnya dulu ya. Untuk ukuran senar dan ukuran mata kail sama kok menyerupai ketika mancing dengan teknik mancing pada umumnya. Bisa anda baca di artikel Tips Mancing Ikan Melem/ Nilem di kailbayu.com

Yang menjadi perhatian dalam memancing dengan teknik nutul yaitu joran yang digunakan, yakni joran tegek.
kailbayu.com
Joran tegek yang juga disebut dengan pole rod pada umunya tidak memiliki ring guide dan diujung joran terdapat benang tebal warna merah yang digunakan untuk mengaitkan senar pancing. Joran tegek tanpa kolong ini juga sering disebut dengan joran tegek cutit.

Namun ada juga joran tegek yang sudah diberi ring guide, joran ini dikenal dengan tegek kolong. Bebas kok anda mau menggunakan joran tegek biasa ataupun joran tegek kolong.
 kail'bayu
Yang harus diperhatikan yaitu berat tegek. Pilihlah joran tegek yang ringan alasannya yaitu kita selama memancing akan terus memegangi joran. Kaprikornus jikalau joran terlalu berat tangan anda akan cepat lelah.

Selanjutnya usahakan pilih joran dengan ujung yang lentur. atau anda dapat memodifikasi joran tegek anda dengan mengganti ujung joran dengan entul.

Mengapa demikian? Karena nantinya kita akan mencicipi sambaran umpan dari ujung joran yang bergerak atau bergetar. Ujung joran yang lentur akan lebih sensitif.

Jadi selain mudah dalam mengetahui apakah umpan hanya disundul-sundul ikan melem atau sudah benar benar dimakan. Selain itu sensasi tarikan ikan melem juga lebih berasa.

Untuk panjang joran tegek yang digunakan menyesuaikan dengan spot. Yang terpenting joran dapat menjangkau titik lempar di sungai yang kita inginkan.

Mari kita pribadi menuju praktek mancing nutul. Cara memegang joran mancing nutul yang berbeda dengan teknik mancing pada umumnya membuat teknik ini terlihat unik.

dalam kesempatan kali ini kailbayu akan membahas apa itu teknik mancing nutul Begini Mancing Melem dengan Teknik Nutul
mancing Melem dengan teknik Nutul


Perhatikan pada foto, cara memegang joranya menyerupai pada ketika kita menulis. Lalu arahkan ujung joran ke sungai, jangan terlalu tinggi atau jauh dari air.

Jadi nantinya ketinggian umpan akan kita kendalikan dengan joran tegek bukan dengan pelampung.

Untuk umpan mancing melem sudah kailbayu tulis sebelumnya di Racikan Umpan Mancing Ikan Nilem/ melem.

Selamat mencoba dan rasakan sensasinya.

Posting Komentar

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan