BREAKING NEWS

Jumat, 20 Juli 2012

Begini ikan Hias anda Mendadak Mati?

Apa sih penyebab ikan hias mendadak mati? Tidak sedikit para pemancing yang juga gemar memelihara ikan hias.  Karena pada umumnya para pemancing memang pecinta ikan. tidak jarang para pemancing, yang memelihara hasil pancinganya. Ikan sidat dan ikan sili merupakan target mancing yang biasa di pelihara dan dijadikan ikan hias. namun terkadang ikan yang sudah di pelihara lama mendadak mati. Atau ikan yang habis di pancing kelihatanya sehat bugar, keesokan harinya mendadak mati.
Apa sih penyebab ikan hias mendadak mati Begini ikan Hias anda Mendadak Mati?
ikan hias

Banyak faktor yang menyebabkan ikan mati mendadak. Tentunya untuk hidup, ikan membutuhkan kondisi kondisi tertentu. Selain itu ada juga faktor baik internal maupun eksternal. Faktor apakah itu yang menyebabkan ikan mendadak mati?

Berikut ini merupakan beberapa faktor penyebab ikan mati mendadak dan bagai mana cara mengatasi dan mencegahnya.

Kualitas Air yang Buruk

Kualitas air sangat kuat terhadap kelangsungan hidup ikan. beberapa jenis ikan tidak dapt hidup di air yang keruh. Kaprikornus pastikan anda mengganti air pada akuarium secara berkala. Bukan hanya itu saja, kandungan zat pada air ibarat zat garam misalnya, kuat terhadap kelangsungan hidup ikan. zat zat kimia juga dapat menyebabkan ikan mati mendadak. Kaprikornus ketika mengganti air akurium pastikan kualitas air dan dari mana air diambil.

Beberapa ikan membutuhan kadar okigen yang sangat tinggi pada air, misalnya ikan mas koki, ikan koi, ikan sidat, udang lobster baik air asin maupun air tawaroleh alasannya ialah itu pastikan supli oksigen pada air terjaga. Selalu sediakan aerator bertenaga baterai untuk berjaga jaga kalau terjadi mati listrik.
Penanganan yang Salah

Jika anda menerima ikan dengan menangkap pribadi dari alam, khususnya dengan cara di memancing. anda harus menangani ikan dengan hati hati kalau ingin dipelihara di rumah. Sebisa mungkin jangan ada benturan yang menimbulkan luka pada ikan. dan sebisa mungkin jangan hingga menyentuh tanah, terutama untuk jenis ikan berledir ibarat belut dan sidat. Anda dapat memegang ikan tersebut menggunakan kain.

Jika mata kail masih menancap pada lisan ikan, pelan pelan menyabutnya. Jika , mata kail sudah masuk ke perut ikan ya kemungkinan kecil ikan dapat tetap hidup.

Ikan Stres

Kondisi lingkungan yang ramai juga mampu menyebabkan ikan strees lho. Selain itu mencampurkan ikan hias dengan ikan predator juga dapat menyebabkan stres. Ikan akan stress alasannya ialah dikejar kejar oleh ikan lainya dalan satu akuarium. Jika anda berniat memelihara ikan predator, jangan di campurkan dengan ikan hias lainya. Bukan hal yang tidak mungkin ikan hias lain akan stres alasannya ialah di hajar oleh sang predator, selain itu ikan hias lain mungkin saja menjadi santapan ikan predator tersebut.

Untuk meminimalisir ikan stres ketika penggantian air, anda dapat memindahkan ikan hias terlebih dahulu ke wadah lain dengan hati hati. Jika tidak anda dapat memanfaatkan pompa filter pada akuarium untuk mengganti air. Jika hal tersebut tidak sempat di lakukan, anda dapat mengganti air di akuarium 50% hingga 80% saja.

Penyakit

Penyakit pada ikan hias dapat datang dari mana saja. Bisa saja air yang anda gunakan mengandung bibit penyakit. Maka dari itu kualitas air harus selalu kita kontrol. Bibit penyakit juga mampu ditularkan oleh ikan baru. Ikan gres yang kita masukan ke dalam akuarium mungkin saja membawa bibit penyakit yang dapat menular ke ikan lainya. Mungkin ikan tersebut sudah kebal atau daya tahan badan lebih tinggi  dan dapat bertahan dari serangan bibit penyakit. Namun beberapa jenis ikan hias sangat sensitif dan mudah mati, ibarat ikan mas koki dan ikan layang layang.

Mungkin ikan hias yang anda pelihara juga sudah mengidap penyakit, namun tidak terlihat atau tidak terdeteksi. Dan ketika ikan sudah tidak kuat, ikan akan pribadi mati.
 baca Juga


Faktor Umur

Ikan juga memiliki batas umur tertentu yang berbeda pada setiap jenis ikanya. Mungkin, ikan yang anda pelihara sudah terlampau tua. Sehingga ikan yang terlihat sehat tiba tiba mendadak mati di keesokan harinya..

Terlalu banyak Memberi Makan

Mungkin saja anda ingin ikan hias anda tidak kehabisan makanan ketika anda tinggal pergi. Namun menunjukkan makanan secara berlebihan malah akan menyebabkan ikan mati. Mengapa? Ikan terkadang tidak dapat mengerem nafsu maknya, dan akan terus memakan apa yag ada di depanya. Ikan yang terlalu kenyang akan mati. Misalnya saja kalau kita memberi makan pada ikan lele di kolam terlalu banyak, banyak ikan lele yang akan mati karen kekenyangan.

Selain itu sisa makanan yang kedaluwarsa dapat bermetamorfosis racun bagi ikan itu sendiri. Sisa makanan ikan juga menjadi habitat bagi kuman yang merugikan ikan hias. dan lagi, sisa makanan ikan juga dapat menurunkan kadar oksigen pada air, padahal oksige sangat diharapkan oleh ikan untuk tetap hidup.




1 komentar :

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan