BREAKING NEWS

Jumat, 20 Juli 2012

Begini Cara Membuat Jump Frog Killer dari Kayu

Jika anda caster ikan gabus atau ikan toman, mungkin sudah tidak ajaib lagi dengan umpan jumpa frog. Seperti namanya, jumpa frog merupakan umpan tiruan atau Lure yang dibuat mirip katak dan di desain dengan Action mirip katak yang sedang melompat diatas air. Ikan toman mana yang tidak termakan melihat katak melompat lompat diatas air enyeberangi rawa atau danau?

Jika anda caster ikan gabus atau ikan toman Begini Cara Membuat Jump Frog Killer dari Kayu
jump frog dan ikan gabus

Katanya jump frog dikenalkan oleh para caster dari negeri tetangga, yakni negara Thailand. Maka dari itu jangan heran jikalau banyak beredar di pasaran jumpa frog buatan Thailand. Namun sekarang jumpa frog sudah menyebar luas, termasuk di Indonesia. Sudah banyak para caster lokal membuat jumpa frog sendiri di rumah, bahkan juga sudah banyak para pemancing yang memproduksi jumpa frog bukan hanya untuk dirinya sendiri, namun juga untuk dijual.

Anda juga mampu membuat jumpa frog sendiri di rumah lho. Bagaimana cara membuat jumpa frog. Berikut ini panduanya.

Bahan Membuat Jump frog

Kayu – kayu yang digunakan bergotong-royong terserah anda. Kayu dengan tekstur empuk memiliki kelebihan mudah di bentuk. Dan kalau hanya untuk casting ikan gabus berukuran sedang kayu yang empuk masih cukup kuat. Namun jikalau target mancing anda ikan gabus berukuran besar atau ikan toman disarankan menggunakan kayu dengan teks tur keras mirip kayu jati dan kayu mahoni. Selain keras kayu mahoni juga memiliki massa jenis yang berat, jadi cocok bagi anda yang ingin membuat lure dengan lemparan yang jauh.

Kawat – kawat yang digunakan adalahkawat stainlees. Kawat stainlees tahan karat dan kuat.

Pemberat – gunakan pemberat dengan ukuran yang diadaptasi dengan besar jumpfrog.

Double Hook-  kenapa menggunakan double Hook atau mata kail ganda? Jika menggunakan single hook akan angan susah sekali menancap pada lisan ikan, mengingat nantinya ikan akan menyambar. Sedangkan jikalau treeble hook jumpa frog akan mudah tersangkut pada tanaman air yang ada di rawa atau danau.

Penggunaan double Hook untuk jumpa frog selain biar lebih mudah menancap di lisan ikan

Skirt – Skirt berfungsi sebagai ekor dan sekaligus sebagai penarik perhatian ikan.

Cara Membuat Jump Frog

Jika anda caster ikan gabus atau ikan toman Begini Cara Membuat Jump Frog Killer dari Kayu
Cara Membuat Jump Frog Killer dari Kayu

Pertama tama kita harus membuat denah dan menentukan ukuran jumpa frog yang akan kita buat. Ukuran dan bentuknya bebas, terserah anda. Sebagai patokan liat pada gambar diatas. Ukuran jumpa frog pada umumnya memiliki panjang antara 3,5 cm hingga 6 cm

Setelah itu silahkan bentuk kayu tersebut sesuai desain yang anda buat. Ingat harus benar  benar simetris jadi harus hati hati. Jika tidak simetris bukan hanya tidak dapat melompat, namun jumpa frog nanti juga malah hanya akan mengguling guling tidak karuan.

Buat garis lurus pada tengah tengah jumpa frog, lalu gergaji menggunakan gergaji besi sebagi daerah kawat. Jika menggunakan gergaji kayu lubang yang di hasilkan akan terlalu besar. serbuk kayu jangan dibuang ya.

Setelah di pasang kawat, gergaji kayu di campur dengan lem kayu untuk menutup lubang tersebut. Anda juga dapat menggunakan lem epoxy.


Setelah itu pasang pemberat di bab bawah jumpa frog. Anda juga dapat memasangnya di bawah Hook. Yang penting nanti posisi jumpa frog di air sama dengan pada gambar.

Kalau sudah akibat sebaiknya di Test terlebih dahulu. Pasangkan skirt dan double Hook lalu di Test di actionya. Apakah actionya sudah mirip yang anda inginkan yakni mirip katak yang meloncat? Kalau belum mampu anda teliti lagi tubuh jumpa frog apa sudah simetris atau belum. Anda juga dapat mengotak atik pemberat dengan menambah, mengurangi atau menggesernya hingga actionya sudah mirip kodok yang melompat lompat di atas air.


Kalau sudah akibat dan actionya sudah mirip kata yang melompat, silahkan Coast jumpfrog buatan anda dengan warna yang anda ingin Ian :D.

1 komentar :

  1. Untuk kemiringan bagian depannya berapa cm om jika jf nya pnjang 4,5 cm

    BalasHapus

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan