BREAKING NEWS

Kamis, 07 Juni 2012

Begini Pantai Wediombo, Pantai Terpopuler di Gunung Kidul


Sedang berada di Jogja ? atau berencana berkunjung ke jogja? cari tempat wisata yang recomended  di Jogja? Anda wajib berkunjung ke Pantai Wediombo. Ada apa di pantai Wediombo? Dimana koordinatnya? Mari kita simak artikel berikut ini

Pantai Wediombo merupakan sebuah pantai terletak di ujung timur provinsi DI Yogyakarta, tepatnya kabupaten Gunung Kidul. Menurut saya pribadi, pantai Wediombo yakni pantai yang unik dan lengkap. Apa Sih Keunikan pantai Wediombo? Sesuai dengan namanya, yang berarti “pasir yang luas”, pantai Wediombo merupakan pantai dengan hamparan pasir putih yang luas di tengah perbukitan karang. yang wajib anda garis bawahi, pantai wediombo merupakan pantai berpasir putih.

 Anda wajib berkunjung ke Pantai Wediombo Begini Pantai Wediombo, Pantai Terpopuler di Gunung Kidul
pantai Wedi ombo


Terus apasih yang ada ada di pantai Wediombo? Makara bagi anda yang pengen berwisata ke gunung sekaligus ke pantai, pantai Wediombo merupakan pilihan yang sempurna dan wajib anda kunjungi. Perpaduan hamparan pasir putih dan batuan karang yang indah, membuat saya secara eksklusif pengen berkunjung kembali ke pantai Wediombo.

Spot Foto di Pantai Wediombo

Tak lengkap rasanya kalau bertamasya tanpa mengabadikan momen liburan anda. Terlebih lagi kalau anda berlibur bersama pasangan, keluarga atau teman sahabat anda. Mengambil foto merupakan hal wajib bukan? Apalagi dikala berkunjung ke tempat seindah pantai Wediombo.
salah satu pemandangan di pantai Wedi Ombo

Di pantai Wediombo anda dapat mengabadikan momen anda dengan berfoto atau merekam video dengan banyak pilihan background yang cantik dan unik tentunya, mulai dari kerikil karang, hamparan pasir putih, deburan ombak, sunset yang cantik dan masih banyak lagi. Ya, satu tempat dengan banyak spot foto yang unik dan beraneka ragam.

Sunset

Jika anda berburu sunset di jogja, pantai Wediombo wajib anda kunjungi. Pantai wediombo menawar pemandangan sunset yang sangat cantik pada bulan November sampai bulan Mei, di mana matahari beda di selatan garis khatulistiwa.

Jangan lupa membawa kamera kesayangan anda, sunset di pantai Wediombo sayang untuk dilewatkan.

Bermain Air

Karena terletak di antara perbukitan karang, ombak di pantai Wediombo cukup stabil dan cukup aman di banding pantai pantai lainya di Jogja. Di sini juga terdapat sebuah kolam alami atau laguna dengan kedalaman 1,5m yang biasa digunakan untuk berenang atau sekedar berendam di air laut oleh para wisatawan. Kolam alami ini sangat pas untuk berendam dikala air sedang surut.

Ombak pantai Wediombo memang terkenal stabil, di mana pantai yang juga tersusun atas batuan andesit yang konon berasal dari gunung api purba mengakibatkan ombak cenderung tetap. Berbeda dengan kebanyakan pantai berpasir, di mana episode bibir pantai yang dalam dan yang dangkal sering kali berubah dan bertukar posisi. Oleh alasannya itu, pantai Wediombo merupakan salah satu pantai dengan ombak terbaik di Jogja.

Meskipun ombak laut panti Wediombo tergolong stabil, anda tetap harus berhati hati. Batuan karang yang licin dan ada juga yang tajam, jadi perhatikan langkah kaki anda dikala berjalan. Selain itu jangan membelakangi ombak dikala anda berfoto di atas karang, anda mampu saja terjatuh kalau terdorong ombak dari belakang, terutama kalau air sedang pasang.

Yang pasti, jangan lupa membawa baju ganti dikala berkunjung ke Pantai Wediombo. Karena  kalau anda gemar bermain air, tentunya anda akan terpengaruhi oleh air laut pantai Wediombo.

Surfing

Ombak di pantai Wediombo juga dapat di manfaatkan untuk berselancar atau surfing. Mungkin anda gres pertama kali mendengar spot surfing di Jogja. Anda belum pernah surfing? Pantai Wediombo menjadi tempat surfing pilihan yang sempurna bagi pemula. Di sana anda dapat mencar ilmu surfing dengan tarif yang cukup murah. 
Terdapat komunitas surfing yang akan menemani dan memandu anda berselancar di pantai Wediombo. Di pantai Wediombo anda dapat menyewa dan mencar ilmu berselancar, jadi anda dapat mencar ilmu berselancar tanpa perlu membawa peralatanya dari rumah.. Simple bukan?

Selain itu, ada kelas mencar ilmu surfing singkat, di mana kelas singkat surfing ini sudah termasuk jasa instruktur yang akan memandu anda mencar ilmu surfing selama 1,5 jam dengan bahan teknik dasar surfing atau berselancar. Paket ini juga sudah termasuk foto lho.

Snorkling

Pengen Snorkling atau menyelam? Pantai Wediombo merupakan pilihan yang tepat. Spot snorkling di pantai Wediombo memang istimewa. Penasaran? Di sini ada 2 pilihan spot snorkling. Salah satunya anda dapat tempuh cukup dengan berjalan kaki. Selain itu juga terdapat yang harus di tempuh menggunakan kapal. Tetapi tenang, sudah ada akomodasi kapal beserta alat snorkling yang dapat anda sewa.

Mancing

Anda seorang angler? Dan sedang berada di Jogja? anda wajib mancing di pantai Wediombo. Di kalangan pecinta rockfishing atau mancing karangan, Pantai Wediombo memang terkenal sebagai salah satu spot mancing yang sangat potensial. Di mana banyak ikan monster alias ikanya berukuran jumbo banyak di temukan di sini, ibarat giant travelly, kampur, kerapu dan lain lain.
Peralatan keamanan wajib diperhatikan dikala memancing di tempat pantai Wediombo. Tentunya anda juga di anjurkan untuk menggunakan peralatan rockfishing yang cukup mumpuni untuk meladeni perlawanan ikan di Wediombo. Teknik casting maupun menggunakan umpan di lakukan di pantai ini.

Anda pecinta ultralight? Tenang, di pantai Wediombo anda juga dapat menggunakan teknik ultralight lho. Anda dapat berburu ikan kerapu, baby Gt, kampur, panjo dan lain lain menggunakan piranti ultralight di pantai Wediombo. Berwisata sambil memancing asyik bukan?

Camping

Anda dapat berkemah di hamparan pasir putih Pantai Wediombo. Di pantai Wediombo tumbuh banyak pohon besar yang tumbuh di sepanjang pantai. Pohon ini dapat anda manfaatkan untuk hammocking sambil mendengarkan deburan ombak dan mencicipi hembusan angin pantai. Untuk peralatan  camping anda dapat membawanya dari rumah atau dapat menyewanya di tempat persewaan alat camping  di sekitar pantai Wediombo. 

Koordinat Lokasi Pantai Wediombo

Pantai Wediombo yakni salah satu pantai terindah di Indonesia yang terletak di ujung timur provinsi DI Yogayakarta, tepatnya di kelurahan  Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Jarak pantai Wediombo dari kota Jogja memang tidak bersahabat yaitu sekitar 52 km atau dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2.5 – 3 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Jika anda menggunakan GPS, titik koordinat pantai Wediombo yakni di S8°11'4" E110°42'28".

Perjalanan untuk menuju pantai Wediombo yang tidak singkat ini akan terbayarkan dan terpuaskan oleh pemandangan cantik di sepanjang perjalanan anda, dan tentunya juga akan membuat anda terkesan.

Untuk menuju pantai Wediombo, tempat yang pertama anda tuju yakni kota Wonosari, ibukota kabupaten Gunung Kidul. Terdapat beberapa pilihan rute untuk menuju Wonosari dari kota Jogja. kalau anda gres pertama kali, di rekomendasikan untuk melewati jalan Wonosari. Mungkin dikala hari libur perjalanan sedikit tidak lancar, tetapi hening di sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan pemandan hutan yang sejuk dan pemandangan kota Jogja dari atas.

Selanjutnya dari Kota Wonosari, silahkan menuju jalan Baron, di sana sudah terdapat petunjuk jalan. Jika anda gres pertama kali datang dan masih bingung, silahkan bertanya ke penduduk lokal, mereka akan dengan senang hati menjawab pertanyaan dan mengambarkan jalan menuju pantai Wediombo kepada anda.

Setelah kurang lebih 10km menyusuri jalan Baron dari kota Wonosari terdapat pertigaan, ikuti petunjuk arah yang terdapat sebelum pertigaan tersebut. Setelah itu, sudah tersedia banyak petunjuk arah yang akan mengantarkan anda menuju pantai Wediombo.


Akses jalan yang berkelok akan menawarkan sensasi yang mungkin tidak terlupakan, ditambah lagi pemandangan pegunungan yang menawan. 

Sumber gambar : wikipedia.org

Posting Komentar

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan