BREAKING NEWS

Kamis, 05 Juli 2012

Begini Bahan Pengganti Essen Untuk Mancing


Tahukah anda bahwa essen untuk campuran umpan dapat diganti dengan materi bahan alami? Ya bagi anda yang gemar bereksperimen beberapa materi di bawah ini wajib anda coba.
Tahukah anda bahwa essen untuk campuran umpan dapat diganti dengan materi bahan alami Begini Bahan Pengganti Essen Untuk Mancing
buah buahan

Selain itu penggunaan pengganti essen alami pada umumnya harganya lebih murah. Bahan materi dibawah ini juga dapat anda gunakan jikalau essen yang anda cari tidak ada. jadi anda tidak perlu galau lagi jikalau tidak menemukan essen yang anda cari.

Essen yang akan aku sebutkan dibawah ini bukan hanya essen alami saja, namun juga materi pengganti essen yang murah, praktis dan instan.

Lalu apa sajakah bahan-bahan pengganti essen tersebut? Mari kita simak artikel berikut ini.

Buah Buahan

Jika anda mencari essen rasa buah tertentu dan ternyata tidak ada, anda dapat menggunakan buah buahnya secara eksklusif lho. Caranya cukup mudah, anda dapat mencampurkanya dengan cara menghaluskan buah terlebih dahulu.

Namun, biasanya para pemancing hanya mengambil sari buahnya saja. Yakni dengan cara menghaluskan buah lalu diperas, sehingga keluar sari pati buah tersebut.

Daun Pandan

Daun pandan dikenal sebagai salah satu daun dengan aroma yang sangat wangi. Daun pandan sudah semenjak lama digunakan sebagai essen umpan mancing, baik umpan mancing racikan maupun lumut.

Cukup dengan menumbuh daun pandan dan mencampurkanya dengan umpan, sudah cukup membuat umpan beraroma wangi. Ikan nila, ikan belanak, ikan mujair, ikan braskap dan beberapa jenis ikan lainya menyukai aroma daun panda.

Daun Walang Sangit

daun walang sangit memiliki amis khas yang sangat disukai oleh ikan nila. Biasanya daun walang sangit digunakan untuk campuran lumut yang akan digunakan untuk memancing.

jika anda hendak mancing ikan nila babon atau ikan nila berukuran besar, sangat disarankan terlebih dahulu mencampurkan lumut dengan daun walang sangit sebelum digunakan sebagai umpan mancing nila.

Minuman Instan

Minuman instan dengan varian arasa buah sering digunakan para pemancing untuk pengganti essen. Minuman rasa buah biasanya memiliki aroma dan wangi yang seakan-akan dengan buah aslinya. Disarankan untuk memilih minuman instan yang tidak mengandung soda.

Misalnya saja para pemancing belanak di Jogja. mereka sering menggunakan minuman instan rasa durian, sirsak, nanas dan lain lain sebagai campuran umpan  mancing belanak.
 baca juga


Garam

Garam? Iya garam. Garam memang tidak memiliki rasa, namun garam jikalau dicampurkan dengan lumut akan mengeluarkan amis wangi.

Pilihlah lumut agresif dan campurkan sedikit garam sebelum digunakan. Lumut akan mati dan teksturnya menjadi halus. selain itu amis lumut juga lebih menyegat. Garam sangat cocok untuk campuran lumut  untuk umpan mancing ikan wader, kepek, melem, lukas dan belanak.



Itu tadi merupakan materi pengganti essen yang dapat anda gunakan. Jika ada perhiasan lain, silahkan tambahkan pada komentar. Jika bermaanfaat, jangan lupa share ya....

1 komentar :

 
Copyright © 2018 Hobi Mancing - Blog

Tentang Mancing Ikan